Membudidayakan Tanaman dengan Sistem Aquaponik Sederhana dari Bambu dan Botol Bekas


 Aquaponik adalah penyatuan dari hidroponik serta pengetahuan perikanan. Proses dimana tanaman manfaatkan faktor hara yang datang dari kotoran ikan yang jika didiamkan di kolam bisa menjadi toksin buat ikan itu. Tanaman di sini berperan untuk filter vegetasi yang akan mengurai zat toksin jadi zat yang tidak beresiko buat ikan.


Tehnik aquaponik ini sangat mungkin siklus Nitrogen berlangsung dengan bak ikan akan membuahkan muatan amoniak yang tinggi, pompa pada skema akan menyalurkan amoniak ini pada tanaman serta bakteri yang akan mengganti amoniak jadi nitrogen yang bagus untuk tanaman.


Sayuran akan mengekstrak nitrogen dari air, lalu membuat air itu aman untuk di kembailikan ke kolam kembali lagi. Dengan tehnik ini berlangsung siklus sama-sama memberikan keuntungan buat ikan serta tanaman dan buat kita yang mengaplikasikanya tentunya akan diuntungkan, sebab tempat yang dipakai tidak luas.


Tips Menjaga Stamina Ayam Laga

Pada skema aquaponik ikan ialah kuncinya. Ikan sediakan sebagian besar nutrisi buat tanaman. Pada pengerjaan aquaponik simpel kesempatan ini ikan yang dipakai ialah ikan lele. Sedang untuk sayuran yang dibudidayakan ialah tanaman kangkung.




Cara membuat aquaponik simpel kesempatan ini kita manfaatkan bahan serta alat yang ada disekitar kita salah satunya ialah bambu serta botol air mineral sisa. Mengenai alat serta bahan lainnya yang dipakai dalam budidaya aquaponik simpel kesempatan ini yakni: paralon, pompa aquarium, drum, sekam, pasir, serta benih kangkung. Pada skema budidaya aquaponik simpel kesempatan ini beberapa langkah yang dilaksanakan yakni:Mempersiapkan instalasi dari bambu, dengan membelah bambu jadi dua sisi dengan panjang semasing 150cm.


Mempersiapkan rangka instalasi yang akan dipakai untuk menyokong instalasi bambu.


Mempersiapkan kolam dari drum yang sudah disi dengan air serta ikan lele


Pengerjaan wadah untuk tanaman dari botol air meneral sisa yang awalnya dikasih lubang dibawahnya


Penyemaian tanaman kangkung


Perpindahan tanaman kangkung ke instalasi bambu yang sudah disiapkan awalnya


Sesudah tanaman dipindahkan keinstalasi bambu, selanjutnya pada kolam terpasangkan pompa aquarium, dimana selang dari pompa aquarium itu dimasukkan ke paralon untuk menyalurkan air dari kolam ke tanaman hingga air dari kolam ikan mengalir ke paralon serta kembali pada kolam ikan lagi.


Postingan populer dari blog ini

Menjadikan Lingkungan Musala Lebih Bersih dan Aman

For that reason, our team established Video activity Changers as well as truly wish to view that, later on, esports general ends up being much a lot extra varied.

Keutamaan Jaga Lingkungan untuk Kesehatan